PRINSIP-PRINSIP PEMULIHAN

Di sebuah universitas di USA, diadakannya suatu riset tentang bagaimana pengaruh trauma terhadap anjing. Seekor anjing dimasukkan ke dalam sebuah kotak yang dilengkapi dengan lampu sorot di depan matanya, sedangkan sengatan listrik berada pada kakinya. Setiap kali lampu dinyalakan, listrik juga dialirkan pada kaki anjing sehingga kaki anjing akan terkena sengatan listrik.

Setelah lampu berkali-kali dinyalakan, maka anjing yang sudah sangat ketakutan tersebut dilepaskan. Apa akibatnya? Anjing tersebut akan lari terbirit-birit, setiap kali melihat lampu sorot diarahkan padanya. Ia berpikir bahwa lampu sorot sama dengan sengatan listrik. Padahal tidak semua lampu sorot mengandung sengatan listrik. Si anjing telah memiliki kepercayaan yang salah terhadap semua pengalaman yang buruk yang dialaminya.

Bagaimanakah cara memulihkan anjing ini? Mereka menangkap anjing tersebut dan memasukkannya ke dalam kotak yang sama persis. Sekarang mereka memberikan pengalaman baru kepada anjing tersebut, yakni hanya menyalakan lampu sorot tanpa sengatan listrik. Setelah berkali-kali diberikan pengalaman baru tersebut, akhirnya anjing tersebut sembuh dan pulih total setelah dilepas. Pengaruh pengalaman buruk hanya dapat disembuhkan oleh pengalaman baru. Tuhan memberikan kita pengalaman baru dengan FirmanNya. Firman Tuhan telah dituliskan di dalam imajinasi kita (Ibr 8:10-12). Datanglah dan mintalah pengalaman-pengalaman baru dengan kuasa, kasih dan kebenaran Tuhan.

MENYINGKIRKAN PENGHALANG PEKERJAAN BAPA
Bapa sedang melakukan banyak pekerjaan di sekitar kita (Yoh 5:17). Kita perlu mencari tahu apakah ciri-ciri pekerjaan Bapa. Bagaimanakah cara kita mengenalinya? Kita harus berdoa, bergaul dan bertanya (Luk 10:5-9). Bila kita lakukan hal tersebut, kita akan mengetahui apa yang mulai dikerjakan Bapa. Namun, ada beberapa penghalang yang menghalangi kita untuk mengenal pekerjaan Bapa. Penghalang-penghalang tersebut harus disingkirkan dari diri kita, atau kita tidak akan efektif untuk peka dengan suara Roh Kudus. Secara umum kita dapat mengikuti ke empat langkah ini, yang kita sebut T.A.A.T:

1.  TEMUKAN KEPERCAYAAN-KEPERCAYAAN, IMAJINASI-IMAJINASI YANG BERDOSA DAN PENGALAMAN-PENGALAMAN YANG BURUK.

Pemulihan harus dimulai dari ditemukannya kepercayaan-kepercayaan yang salah. Kepercayaan yang salah biasanya berasal dari imajinasi-imajinasi yang negatif. Dan imajinasi yang negatif berasal dari pengalaman-pengalaman yang negatif.

2.  AKUILAH HAL-HAL TERSEBUT SEBAGAI PENYEMBAHAN BERHALA. BERTOBATLAH

Imajinasi-imajinasi yang buruk, seperti percabulan, takut, minder, keserakahan, kesombongan dan dosa-dosa lain adalah bentuk penyembahan berhala dalam imajinasi kita. Syarat-syarat untuk disembuhkan adalah mengakui dosa-dosa dan meninggalkannya.

3.  ALAMILAH KASIH, KUASA DAN KEBENARAN TUHAN

Datanglah pada Tuhan dengan rileks, dan alamilah Di. Ia menyatakan kasih, kuasa dan kebenaranNya melalui pendengaran, mata dan impresi kita. Ia juga menyatakan hal-hal tersebut melalui seseorang yang melayani kita dan mengingatkan kita tentang suatu peristiwa atau kebenaran Firman Tuhan untuk menyembuhkan kita.

4.  TUNDUKLAH KEPADA TUHAN (FIRMANNYA) DAN LAWANLAH IBLIS

Kita perlu memegang teguh Firman yang kita terima. Belajarlah terus menerus menyembah Tuhan sebagai gaya hidup. Lalu lawanlah iblis, usir dan hancurkanlah perbuatan-perbuatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: