Perubahan Hati yg radikal

Perubahan Hati yang Radikal Image

PERUBAHAN HATI YANG TERJADI SECARA RADIKAL

Pada suatu siang di kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sekelompok siswa sebuah Sekolah Negeri mengeroyok salah seorang teman kelas mereka di taman sekolah. Sebenarnya anak yang dipukuli ini adalah geng di kelas mereka selama dua tahun, tetapi tiba-tiba ia berubah menjadi lembut. Sehari sebelumnya, ia memukuli 5 siswa satu demi satu di dalam kelas. Namun pada esok harinya, ia mengumpulkan mereka di dalam taman dan berkotbah tentang Yesus kepada mereka yang dipukulinya itu. Hal ini membuat teman-temannya heran dan membalas dendam kepadanya. Ada sesuatu yang belum pernah mereka dengar sebelumnya adalah ia berkata pada teman-teman yang mengeroyok dirinya, “Yesus mengasihi kamu, saya juga mengasihi kamu.” Karena kata-katanya itu, ia dikeroyok oleh teman-temannya yang merasa telah dijajah selama dua tahun tersebut. Namun itulah perubahan hati yang terjadi secara radikal.

Mengapa anak yang nakal ini tiba-tiba berubah tingkah lakunya menjadi anak yang baik dan lugu? Karena kuasa perubahan hati telah dikerjakan oleh Allah di dalam hatinya. Paulus yang sebelumnya juga adalah seorang penganiaya orang Kristen, justru diubah hatinya oleh Tuhan saat ia bertemu dengan Yesus di tengah jalan ke Damsyik. Karena itu, Paulus menulis pengalaman tersebut demikian,”Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami,”(II Kor 5:17-18).
Banyak orang Kristen ingin mengubah diri mereka tanpa membiarkan Tuhan mengubah hati mereka terlebih dahulu. Padahal pernyataan yang benar adalah transformasi dalam hidup kita dimulai dari hati, yaitu perubahan dari dalam dan bukan dari luar. Jadi, jangan terlalu berpatokan pada perubahan yang terjadi di luar dan melupakan esensi yang sebenarnya yakni perubahan atau transformasi hidup yang dimulai dari hati. Ketika hati seseorang berubah, maka perubahan itu akan mempengaruhi perubahan yang ada di luar dirinya. Mari, milikilah perubahan hati yang radikal untuk hidup dalam Kerajaan Allah. (ayb).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: